Tuesday 16 February 2016

Mencari ketentraman tak harus ke luar negri

Tasyakkur bini'matillah, 
Nikmat seperti apakah yang kau inginkan? 
Jika nikmat yang kau miliki sekarang tidak bisa menuntunmu untuk bersyukur? Apakah kau menunggu hartamu menggunung baru akan bersyukur? Lalu bagaimana dengan berfungsinya seluruh anggota tubuhmu selama ini, apakah kau tetap tidak menganggapnya sebagai gundukan nikmat yang tak bisa di setarakan dengan gundukan harta manapun? 
Gunakanlah akalmu untuk berfikir wahai saudaraku.
Tafakkur bikholqillah. Tafakurilah semua ciptaan Alloh yang selama ini kau nikmati. Tidakkah hal itu cukup bagimu untuk semakin mendekatkan diri kepada-Nya?
Tadabbur bifadllillah. Tak ada anugerah yang terindah yang pernah kita rasakan selain dari Tuhan Yang Maha Esa. Pernahkah engkau melihat indahnya keseimbangan dan keserasian anggota tubuh kita? Dimana Alloh menempatkan seluruh elemen tubuh kita sesuai dengan kebutuhannya. Ia tempatkan mata, hidung, bulu mata, alis, dan elemen wajah lainnya dengan selaras dan serasi untuk melengkapi wajah kita. Coba seandainya salah satu dari elemen wajah kita tak ada, bisa terfikirkan betapa riwehnya kita mencari cara agar wajah kita bisa terlengkapi elemenya seperti orang yang lainnya.
Oleh karena itu wahai saudaraku, ketentraman, kenyamanan, dan keikhlasan hati berawal dari diri kita. Tak perlu kita merantau jauh hanya untuk mencari ketentraman hati. Kitalah yang membuat hidup kita tentram.
Ihfadzillaha yahfadzka ..barang siapa yang menjaga Alloh, niscaya Alloh akan menjaganya.
Ringankanlah beban kita dengan qonaah dengan ketentuan-Nya.

No comments:

Post a Comment